Home » 7 Kebiasaan Digital Marketer yang Sukses
Kebiasaan Digital Marketer yang Sukses

7 Kebiasaan Digital Marketer yang Sukses

Saya ingat waktu dulu saya  interview dengan mas Zulkhan di CoverSuper. Sebelumnya saya pernah menulis tentang pertama kali saya masuk CoverSuper sebagai sales.

Saat itu saya keberatan, saya bilang apa adanya bahwa saya takut target dan saya takut kena PHK kalau tidak achieve target.

Saya juga cerita ke beliau bahwa sebelumnya saya pernah walk in interview dan ternyata untuk posisi sales, saya jiper duluan ketika tau kalau targetnya 600 juta per 3 bulan.

Mas Zulkhan justru bertanya, “Target segitu sebelumnya ada yang sudah pernah achieve atau belum? Kalau ada berarti tinggal modeling saja”.

Jujur saat itu saya belum bisa menangkap poin mas Zulkan. Singkat cerita akhirnya saya join di CoverSuper sebagai sales dan baru bisa mengerti maksud perkataan mas Zulkhan beberapa bulan setelahnya.

Pentingnya Mengetahui Kebiasaan Digital Marketer yang Sukses

Ketika saya masih baru di CoverSuper saya wajib nempel Supervisor saya, namanya mas Herry. Mas Herry adalah salah satu best dealmaker yang selalu achieve target.

Di awal saya taunya tujuannya agar mas Herry lebih mudah mengarahkan dan mentraining saya.

Belakangan saya ketahui bahwa hal itu juga bertujuan agar saya bisa modeling pola sukses mas Herry.

Modeling di sini artinya menduplikasi apa saja yang dilakukan orang lain, tujuannya agar kita bisa seperti dia.

Dalam taraf biasa saja modeling dilakukan dengan meniru strategi, di tahap yang ekstrim modeling bisa sampai meniru gaya berpakaian sampai mendengarkan musik kesukaan. Teman saya bahkan pernah sampai nginep berbulan-bulan untuk modeling seseorang.

Nah prinsip ini juga berlaku untuk digital marketer. Kalau mau jadi digital marketer yang sukses, maka kita harus melakukan kebiasaan digital marketer yang sukses.

Apa Saja Kebiasaan Digital Marketer yang Sukses?

Punya Goals yang Jelas

Digital marketer yang sukses pasti memiliki tujuan yang jelas dalam hidupnya.

Mereka tau apa yang menjadi target mereka dan mempunya strategi untuk mencapainya.

Tanpa memiliki goals yang jelas akan sulit menentukan langkah yang tepat untuk mencapai kesuksesan.

Selalu By Data

Data merupakan kunci dalam digital marketing. Mereka menggunakan data untuk mengukur kinerja campaign yang mereka jalankan.

Maka dari itu digital marketer yang sukses pasti selelu berbicara berdasarkan data.

Digital marketer yang sukses mengumpulkan data dari berbagai sumber dan memanfaatkannya sebagai dasar pengambilan keputusan dan strategi langkah selanjutnya.

Management Waktu yang Baik

Seorang digital marketer yang sukses bisa mengatur waktu dengan baik.

Mereka memiliki jadwal yang teratur dan bisa mengalokasikan waktu dengan bijak untuk bisa menjalankan tugas berdasarkan urutan skala prioritas.

Digital marketer yang sukses tau kapan harus bekerja, kapan harus beristirahat dan kapan harus belajar.

Selalu Melakukan Inovasi

Inovasi adalah pegangan utama digital marketer agar tetap relevan di dunia yang sangat cepat perubahannya.

Seorang digital marketer yang sukses selalu berinovasi menemukan cara yang tepat untuk selalu meningkatkan performa campaign yang mereka jalankan.

Selalu Berusaha untuk Update Tren dan Perubahan Industri

Dunia digital marketing sangat cepat perkembangannya.

Digital marketer yang sukses selalu berusaha untuk stay up to date agar mereka bisa selalu relevan dengan perkembangan yang ada.

Sebelumnya saya pernah bahas bagaimana cara digital marketer agar stay up to date.

Selalu Kepoin Audiens

Digital marketer yang sukses selalu berusaha memahami kebutuhan dan keinginan audiens.

Hal ini bertujuan agar campaign yang mereka jalankan sesuai dengan target sehingga hasilnya bisa efektif.

Berkolaborasi dengan Tim

Seorang digital marketer yang sukses tidak menjalankan campaign sendirian.

Mereka bekerja sama dengan tim dan stakeholders untuk mencapai goals mereka bersama.

Digital marketer yang sukses selalu terbuka dengan feedback dari rekan kerja dan menggunakan kolaborasi untuk memperbaiki campaign yang dijalankan.

Skill yang Harus Dimiliki Digital Marketer

Untuk bisa berhasil melakukan pekerjaannya seseorang harus memiliki beberapa skill yang mendukung. Berikut ini skill yang harus dimiliki seorang digital marketer.

Pemahaman yang Kuat Tentang Digital Marketing

Seorang digital marketer harus memiliki pemahaman yang kuat tentang digital marketing seperti analisis marketing, budgeting, pembuatan konten, pengelolaan sosial media, paid ads, SEO, CRM dan lainnya.

Digital marketer juga penting untuk tau tentang funnel marketing.

Semakin banyak channel digital marketing yang dikuasai maka semakin mudah untuk menentukan strategi yang akan digunakan dalam mencapai goals.

Kemampuan Menulis dan Membuat Konten

Seperti yang pernah saya jelaskan di artikel yang menuliskan tentang bagaimana pekerjaan digital marketer, konten adalah nyawa dari digital marketing.

Platform sosial media dan platform beriklan hanyalah media yang bisa saja tergantikan dengan platform baru di kemudian hari, sementara konten akan selalu digunakan dalam campaign.

Maka sebagai digital marketer penting untuk memiliki kemampuan menulis dan membuat konten.

Kemampuan Teknis

Selain khatam dengan perkontenan, seorang digital marketer juga harus memiliki pemahaman tentang teknologi dan tools yang berguna untuk digital marketing.

Digital marketer juga harus bisa menggunakan teknologi dan tools tersebut dengan efektif.

Kemampuan Analisis Data

Digital marketer akan selalu bekerja dengan data.

Data adalah landasan yang digunakan digital marketer untuk mengambil keputusan.

Maka seorang digital harus mampu mengumpulkan, menganalisis dan menafsirkan data untuk mengukur keberhasilan sebuah campaign untuk menjadi dasar pengambilan keputusan strategi selanjutnya.

Kreativitas

Seorang digital marketer harus memiliki kreativitas yang kuat untuk bisa mengembangkan ide-ide menarik sehingga dapat mengembangkan campaign digital marketing.

Kemampuan Manajemen Proyek

Seorang digital marketer akan bekerja dengan banyak channel marketing dan campaign sehingga harus mampu membuat skala prioritas, mengelola campaign dengan baik dan bekerja sesuai dengan jadwal.

Interpersonal Skill

Digital marketer akan berhubungan dengan banyak stakeholders sehinggan seorang digital marketer harus memiliki kemampuan interpersonal yang baik.

Seorang digital marketer harus memiliki komunikasi yang baik, bisa menjalin hubungan yang baik dengan klien dan bekerjasama dengan tim.

Kemampuan Adaptasi

Seorang digital marketer harus mampu cepat beradaptasi dengan perkembangan dan perubahan di industri digital marketing, karena industri ini akan terus berubah dan perubahannya sangat cepat.

Related Posts

One thought on “7 Kebiasaan Digital Marketer yang Sukses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *