Bagaimana Pekerjaan Digital Marketer?

Pekerjaan digital marketer mungkin menjadi salah satu pekerjaan idaman banyak orang saat ini.

Digital marketing menjadi bagian yang cukup menonjol dalam bisnis beberapa tahun terakhir, terlihat dari banyaknya bisnis yang merambah ke platform online untuk menjamah target audiensnya.

Hal ini menciptakan peluang yang cukup seksi untuk berkarir di bidang digital marketing.

Sebelumnya saya menceritakan pengalaman kerja di agency. Di artikel ini saya akan share lagi lebih detail tentang kehidupan pekerjaan digital marketer dan bagaimana rasanya bekerja di bidang ini.

Apa itu digital marketing?

Sebelum jauh membahas tentang kehidupan pekerjaan digital marketer ada baiknya teman-teman memahami apa itu digital marketing.

Sederhananya digital marketing adalah kegiatan pemasaran menggunakan platform online atau digital, bisa melalui sosial media, search engine, email marketing, CRM atau platform online lainnya.

Tujuan digital marketing tidak lain untuk menjaring customer/ klien/ pembeli/ user.

Apa yang dilakukan seorang digital marketer?

Tanggung jawab seorang digital marketer bisa sangat bervariasi tergantung ruang lingkup dan scope pekerjaannya.

Pada prinsipnya digital marketer bertugas untuk membuat dan mendevelop marketing campaign yang mempromosikan produk atau jasa secara online.

Untuk perusahaan besar dan agency biasanya akan membaginya menjadi beberapa role (contohnya di digital agency tempat saya bekerja), antara lain sebagai berikut:

1. Ads Specialist

Ads specialist bertugas untuk melakukan penyebaran melalui iklan yang tersedia di platform-platform online seperti Meta Ads, Google Ads, TikTok Ads dsb.

Iklan yang dijalankan di sini tentu saja berbayar, maka role ini terkadang juga disebut dengan Paid Ads Specialist.

Dalam tugasnya Ads Specialist dituntut untuk bisa menyusun strategi dan menjaga performa campaign yang sedang dijalankan, maka role ini juga ada yang menyebutnya sebagai Performance Marketing Specialist.

Karena tugasnya ngiklan, maka sering juga disebut Advertiser.

2. SEO Specialist

Berbeda dengan Ads Specialist yang fokus pada channel berbayar.

SEO Specialist adalah salah satu channel organik yang tugasnya mengoptimasi website agar eksis di mesin pencarian atau search engine.

Saya tidak menyebutnya channel tidak berbayar, karena pada prakteknya jika menginginkan hasil optimal maka perlu menggunakan tools-tools berbayar.

3. SEM Specialist

Mirip-mirip dengan SEO tujuannya untuk mengoptimasi website di mesin pencarian, tapi SEM optimasinya dengan berbayar melalui Google Ads.

Role SEM Specialist ini biasanya juga jadi satu dengan Ads Specialist/ Paid Ads Specialist.

SEM juga disebut dengan Google AdWords.

4. Sosial Media Spesialis

Sosial Media Spesialis bertugas mengelola sosial media.

Di beberapa perusahaan role ini bisa dibagi menjadi beberapa sub bagian lagi, dari mulai menganalisa tren dan merencanakan campaign, merespon komentar dan pesan yang masuk, publish konten dll.

Tapi tidak sedikit juga perusahaan yang meminta melakukan itu semua + bikin konten + desain, tergantung skala perusahaannya.

5. Content Writer

Role ini merupakan nyawa dari digital marketing itu sendiri.

Jika tidak ada content maka campaign tidak bisa jalan.

6. Design Grafis

Design Grafis bertugas memvisualisasikan konsep menjadi bentuk desain gambar.

7. CRM Specialist

Tugas CRM Specialist adalah mengelola customer agar yang belum beli jadi cepat beli, yang sudah beli jadi beli lagi atau biar tidak berpindah ke lain hati (kompetitor maksudnya). Intinya adalah bagaimana untuk mempertahankan customer yang sudah berhasil kita akuisisi.

8. Lain-lain

Sesungguhnya masih banyak role lainnya, mungkin akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Bagaimana Rasanya Bekerja di Bidang Digital Marketing?

Challenging Bekerja di bidang digital marketing bisa sangat menantang dan membahagiakan.

Di satu sisi kita akan bekerja di industri yang sangat cepat perubahannya sehingga menuntut kita harus selalu update dengan perkembangan digital.

Di satu sisi kita akan memiliki peran yang cukup besar untuk perusahaan terutama dalam mendatangkan traffic, leads bahkan penjualan.

Salah satu keuntungan bekerja di bidang digital marketing adalah fleksibilitasnya dalam bekerja.

Digital marketer bisa bekerja darimana saja selama memiliki koneksi internet yang stabil. Hal ini akan sangat bernilai dan menarik bagi yang sangat concern dengan work life balance.

Pekerjaan digital marketer juga bisa menjadi pekerjaan yang penuh tekanan, karena digital marketer terkadang harus mengelola banyak campaign dalam satu waktu dan harus memenuhi target. Seorang digital marketer harus bisa bekerja di bawah tekanan dan mampu mengatur prioritas.

Di lain sisi pekerjaan digital marketer juga bisa sangat menyenangkan karena digital marketer bertanggungjawab menyajikan konten yang menarik sehingga digital marketer memiliki ruang untuk berekspresi dan menyalurkan kreatifitas.

Penutup

Kesimpulannya pekerjaan digital marketer bisa sangat menantang sekaligus bermanfaat karena pekerjaan ini membutuhkan banyak skill yang bermanfaat.

Digital marketer harus kreatif, memiliki strategical dan analytical thinking, serta harus mampu beradaptasi dengan perkembangan dunia digital yang ada.

Jika teman-teman tertarik untuk terjun di bidang ini maka wajib haus belajar dan tahan banting *wadaw.

Semoga bermanfaat ^^

3 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *