Home ยป Sharing Digital Marketing at Bersinar Project Upgrading Session
pembicara digital marketing

Sharing Digital Marketing at Bersinar Project Upgrading Session

Kembali lagi ke tujuan awal berdirinya blog ini, mendokumentasikan perjalanan belajar.

Alhamdulillah tanggal 26 Maret 2023 lalu saya berkesempatan untuk menjadi pembicara di acara upgrading tim digital marketing Bersinar.

Saya membawakan materi yang berjudul “Penggunaan Google Ads dan Instagram dalam Advertisement”.

Undangan Pertama Sebagai Pembicara Digital Marketing

Bermula dari notifikasi yang saya terima lewat email tanggal 13 Maret 2023 lalu.

Saya mendapatkan undangan untuk menjadi pembicara yang membahas seputar digital marketing.

Pertama kali membacanya saya justru ngakak wkwk ini gak salah orang?

Bukan apa-apa tapi saya masih baru kemarin sore terjun di bidang ini sebagai digital marketer.

Jujur emailnya pun sempat saya abaikan juga :’)

Terketuk Karena Ingin Membantu

Saya menerima email tersebut sekitar pukul 1 siang, langsung saya baca karena notif email selalu on, tapi tidak detail.

Kemudian di sore hari sekitar pukul 5 sore saya baca lagi emailnya.

Di situ saya baru ngeh bahwa Bersinar adalah organisasi nonprofit yang mempunyai misi membantu para siswa mempersiapkan ujian masuk perguruan tinggi secara gratis. Seketika saya langsung mak dheg.

Saya ingat perjuangan orang tua saya dulu demi bisa menyekolahkan saya dan adik saya setinggi-tingginya, sehingga mau minta les pun saya tidak tega. Saya beruntung dulu sekolah di SMA favorit jadi gampang diterima PTN tanpa tes.

Perbedaan Sebelum dan Sesudah Terjun di Digital Marketing

Saya memang sudah cukup familiar dengan digital marketing karena 4 tahun sebagai sales saya banyak berkolaborasi dengan tim digital marketing.

Namun officially baru serius belajar setahun terakhir dan benar-benar terjun (khususnya handle paid ads) baru 4 bulan ini.

Kalau melihat pengalaman saya yang baru seumur jagung rasanya tidak pede saya untuk jadi pembicara.

Tapi saya juga melihat bahwa sebelum dan sesudah saya terjun langsung ke digital marketing ada kok bedanya.

Artinya sebenarnya walaupun sedikit tetap ada yang bisa saya bagikan.

Ingat tujuannya adalah untuk membantu. Jadi bismillah saja.

Menerima Undangan Pembicara Digital Marketing Pertama Kali

Akhirnya sore itu juga saya merespon email itu, tapi saya belum langsung mengiyakan.

Saya tanya dulu berapa jumlah pesertanya dan kira-kira seberapa jauh pemahaman pesertanya tentang Google Ads dan Instagram Ads.

Kalau pesertanya ternyata udah jago ya gimana ya, kan saya baru kemarin sore hahaha.

Jujur ketika menunggu balasannya saya waswas juga.

Di satu sisi saya juga tertantang,ย “yaudah lah apapun itu fake it until you make it”.

Singkat cerita mbak Aura (tim yang menghubungi saya) memberitahu bahwa pesertanya belum ada yang pernah belajar tentang ads sebelumnya. Saya tidak yakin sebenarnya tapi jawaban ini cukup menenangkan.

Deal, sepakat saya akan menjadi pembicara tentang digital marketing.

Minta Izin ke Tim di Kantor

Saya tidak mau ada issue apapun ke depannya jadi saya harus minta izin.

Jujur izinnya agak telat, justru saya baru izin setelah saya mengiyakan undangan, harusnya saya izin dulu.

Tapi saat itu pertimbangannya adalah status saya, toh saya juga tidak akan menyebarkan data perusahaan dan strategi perusahaan karena di sini saya hanya akan mengajarkan ilmu basic saja. Saya juga tidak akan menampilkan dashboard klien (boleh cek HL story IG di situ nampak dashboard yang saya gunakan untuk demo ada tanda seru merahnya, saya pakai akun pribadi yang belum lengkap setingannya).

Saya juga berpikir bahwa ini adalah salah satu sarana networking yang secara tidak langsung mungkin akan bermanfaat juga bagi perusahaan. Sebelumnya saya pernah bahas juga mengenai manfaat networking untuk digital marketer.

Saya sempat chat, akhirnya tidak jadi dan justru saya mengalihkan ke pembicaraan lain.

Akhirnya saya izin lewat gmeet langsung bahwa besok tanggal sekian saya mau ngisi acara, saya jelaskan bahwa ini organisasi nonprofit, pesertanya masih belum kenal ads sama sekali dan saya di sana akan mengajarkan hal basic saja, saya juga tunjukkan chat saya dengan mbak Aura.

Alhamdulillah diizinkan.

Mempersiapkan Materi Presentasi

Saya punya waktu kurang dari 2 minggu waktu itu untuk mempersiapkan materi.

Pas kebetulan juga ada klien minta meeting, otomatis saya harus prepare report juga huhu monangis.

Agak berat jujur karena saya harus memilah-milah materi apa saja yang akan saya bawakan.

Secara saya hanya punya waktu 35 menit untuk presentasi, sedangkan saya sendiri dulu butuh waktu sebulan untuk belajar 2 materi itu.

Saya juga gak mau asal-asalan, jadi bagaimana caranya dengan materi yang padat cukup bisa membuat peserta paham dan bisa praktek.

Alhamdulillah dari sini saya jadi belajar lagi, buka-buka skillshop lagi, review materi lagi.

D-Day Acara

Screenshoot Acara TENAR #DigMar
Part Acara TENAR #DigMar

Acara dimulai pukul 10 pagi.

Seperti biasa, kalau mau present saya suka gak tenang, pun begitu kalau sama klien.

Takut kalau pembawaan saya terlalu kaku (efek ex paskibra), takut lupa senyum, takut banyak fillernya.

Bismillah semoga lama-lama jadi terbiasa.

Alhamdulillah acara lancar, biasanya kalau acara begini rasanya waktu lama sekali tapi di acara ini tidak.

Saya sangat berterima kasih sekali kepada mbak Aura dan mbak Rina sebagai pembawa acara pada siang itu karena berhasil mencairkan suasana.

Senang sekali bisa berbagi. Semoga bermanfaat ilmunya. Semoga Bersinar makin bersinar lagi sehingga lebih banyak lagi siswa yang bisa mewujudkan impiannya ๐Ÿ™‚

Related Posts

44 thoughts on “Sharing Digital Marketing at Bersinar Project Upgrading Session

  1. Keren nih ceritanya.. Google Ads atau Instagram Ads menurut saya mah “hanya tools”, jika pemakainya gak ngerti sales funnel bisa berabeh.. Pengalaman kakak akan berbicara di situ

  2. Woaahh…. mbaknya keren banget sudah bisa jadi pembicara. kalau aku mungkin sudah deg-degan kalau bicara di depan banyak orang hihihi… sukses terus ya mbak….

  3. Whoaah! Hebat nih Mbak Kartika. Persiapan yg mantep sampai akhirnya event oun sukses yah Mbak.

    Kapan ada sharing session lagi nih Mbak? Hehe..

  4. Alhamdulillah punya sarana untuk berbagi ya. Walaupun menurut kita sedikit, belum tentu bagi yang menerimanya akan merasakan hal yang sama. Sesuatu yang sama sekali kita tidak tau, ketika ada orang lain yang datang memberikan ilmu baru, rasanya seperti mendapatkan rejeki nomplok lho. Salut dengan tekad kak Kristi Kartika untuk menjadi pembicara dan berbagi ilmu seputar digital marketing.

  5. Masya Allah semangat berbagi ya Kak. Senang rasanya ketika membaca banyak orang yang mau berbagi ilmu dengan cuma-cuma. Ih keren banget.

  6. Menjadi pembicara tuh seru ya Kak! Selain mempersiapkan materi untuk dibagikan, kita juga jadi belajar kembali saat menyiapkan dan saat berbagi biasanya justru lebih banyak insight yang kita dapat. Sukses terus ya Kak!

  7. Menjadi pembicara itu seperti spesies spesial ya hehe, apa yang keluar dari ucapan kita itu nilainya seperti emas, sangat berharga. Apa yang kita bilang didengerin sama orang dan dilaksanakan sehingga menjadi nilai ibadah

  8. luar biasa kak, sudah diakui kipraknya dalam digital marketing sehingga diundang untuk jadi pembicara. Semoga ilmu yang sudah dibagikan bisa menjadi penyambung berkah untuk orang lain ya

  9. digital marketing memang keharusan saat ini buat yang ingin produknya tidak kalah saing.. yang bikin masih maju mundur mulai ngiklan adalah kekhawatiran boncos karena meskipun udah diperhitungkan faktor2nya, yang namanya faktor X selalu saja ada..

    nice post!

  10. Memang pertama kali menjadi pembicara itu penuh tantangan apalagi dalam hal percaya diri seperti saya dulu pertama kali menjadi pembicara pada mahasiswa ekonomi tentang business plan sedangkan saya yang jurusan teknik mesin tapi alhamdulillah semuanya lancar makasih kak sudah sharing

  11. hehe.. suka sama jargonnya.. fake it until you make it.. emang harus pede dan bertekad ya..
    barakallahu fii ilmii mba Kristi.. sudah berbagi ilmunya.. boleh di-sharing jika ada event serupa, siapa tahu bisa hadir.

  12. Pengen banget bisa bicara di depan umum kaya kakaknya. saya suka gugup kalo ngomong di depan umum, apalagi acara seminar kaya gini. Kaka keren

  13. Wah kerenn banget bisa sharing tentang ilmu digital marketing. Btw, boleh dong kak nextnya sharing tentang cara pembuatan materi saat presentasi sebagai pembicara.

      1. Keren kakak, sudah jadi pembicara tentang digital marketing. Sekarang sedang banyak orang ingin belajar digital marketing kak.

  14. menjadiri diri sebagai salah satu pembicara dalam kegiatan tertentu. adalah sebuah apresiasi publik terhadap dedikasi profesi yang sedang kita lakukan.
    luar biasa mbak. keren…. dan lanjutkan!
    Salam rahayu
    wahono secret

    1. Saya waktu itu ikut bootcamp kak semacam course online gitu (kebetulan ceritanya saya share juga di blog ini). Nah untuk klien ini kebetulan saya join di agency, kalau di luar agency saya dapat klien dari kenalan saya kak

  15. Menginspirasi banget kak, biasanya kita gak pede padahal punya pengalaman yang cukup lama. Tapi kalau kita pede bahkan jadi pembicara sekalipun justru malah ningkatin skill kita juga sih. Apalagi kalau pesertanya aktif gitu jadi kaya saling sharing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *