Resign, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan

Banyak yang kaget karena saya tiba-tiba resign dari CoverSuper, tapi sebenarnya tidak semendadak itu kok. Saya sudah melakukan persiapan sebelum saya memutuskan untuk keluar dari perusahaan tempat saya bekerja. Tentunya saya tidak akan bertempur tanpa senjata.

Resign tidak mudah, jangan dibuat susah lagi setelahnya. Persiapan perlu dilakukan agar tidak repot di kemudian hari. Berikut ini persiapan yang saya lakukan yang juga merupakan hasil konsultasi saya sebelumnya dengan para mentor saya.

Persiapan Sebelum Resign

Merenung

Jiahaha merenung. Merenung di sini maksudnya mempertimbangkan lagi matang-matang. Apakah sudah yakin? Apakah sudah mantab? Siapkah saya keluar dari zona nyaman saya dan memulai kembali semuanya dari 0? Saya sendiri sampai melakukan analisis SWOT loh. Saya pastikan keputusan saya ini benar-benar keputusan yang terbaik dan saya pastikan emosi saya dalam keadaan stabil saat saya mengambil keputusan ini.

Saat fase merenung ini saya mencoba memikirkan setidaknya 10 alasan mengapa saya harus resign. Selain itu saya mencoba memperhitungkan konsekuensi dan resiko yang akan saya hadapi setelah resign. Tentunya ada banyak sekali kekhawatiran. Kemudian saya coba lagi untuk menyusun plan-plan cadangan sebagai backup jika (amit-amit) saya gagal. Jika jawabannya hanya capek, bosan, gak cocok sama atasan sudah pasti saya mengurungkan niat ini.

Pesan buat teman-teman yang saat ini mungkin kepikiran untuk resign, coba renungkan lagi baik-baik. Jangan sampai hanya karena emosi sesaat teman-teman jadi gegabah dan salah langkah.

Dana Darurat dan Tabungan

Setelah resign otomatis pendapatan akan berhenti, kecuali sudah ada ganti pekerjaan. Kebetulan saya belum ada pendapatan pasti karena posisi saya transisi pergantian karir dari Sales ke Digital Marketing. Saya baru mulai join project dan internship saja untuk membangun portfolio, alias pendapatan saya belum jelas. Persiapan dana darurat wajib untuk case saya.

Adapun dana yang saya siapkan kira-kira cukup untuk hidup 12 bulan tanpa bekerja. Selain itu saya juga harus mempersiapkan tabungan untuk biaya bootcamp Digital Marketing yang tidak murah bagi saya. Alhamdulillah semuanya Allah cukupkan, inshaAllah tidak sampai 12 bulan bisa kembali berpenghasilan tetap lagi. Aamiin.

Oiya, meskipun tidak ada niatan resign, teman-teman tetap wajib punya dana darurat dan tabungan ya. Terutama dana darurat, penting dan sangat membantu jika teman-teman tiba-tiba ada pengeluaran yang tidak terduga.

One Month Notice

Masuk baik-baik, keluar juga harus baik-baik dong. One month notice adalah pemberitahuan yang dilakukan satu bulan sebelum resign. Selain agar lebih etis, one month notice ini juga merupakan syarat untuk bisa klaim hak-hak kita setelah resign. Ketentuannya di atur di PP No.35 tahun 2021 tentang Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, Alih Daya, Waktu Kerja dan Waktu Istirahat, dan Pemutusan Hubungan Kerja. Teman-teman bisa cek peraturannya di sini.

FYI, saya menuliskan surat pegunduran diri (bahkan sudah saya print) 2 bulan sebelum saya caw. Saya masih ingat rasanya saat menuliskan surat itu hehe sangat emosional. Kemudian saya serahkan surat itu sebulan kemudian, diam-diam saya letakkan sepucuk surat itu di meja HRD. Belakangan saya baru tau kalau surat pengunduran diri sebaiknya juga dikirimkan via email, selengkapnya akan saya jelaskan di artikel terpisah.

Rencana Setelah Resign

Mau lanjut S2? Pindah kerja? Switch career? Jangan sampai teman-teman tidak tau setelah resign mau apa. Pastikan teman-teman sudah menyiapkan plan sebelumnya.

Setelah resign saya sudah mantap ikut bootcamp Digital Marketing, bahkan 2 bulan sebelum resign saya sudah mendaftar program tersebut. Kalau mau ditarik lagi ke belakang, niat ikut bootcamp sudah ada sejak 2019 tapi baru terealisasi tahun ini setelah ‘dipantik’ hehe.

Oiya saya ambil Full Stack Digital Marketing di RevoU. Salah satu yang membuat saya menunda adalah biayanya yang tidak murah. Kabar baiknya bagi teman-teman yang berminat bisa dapat cashback 500k, lumayan banget kan? Caranya bisa langsung melakukan pendaftaran menggunakan link berikut ini: Cashback 500k RevoU Digital Marketing. Bagi teman-teman yang mau icip-icip dulu bisa ikut program Mini Coursenya gratis di link ini: Mini Course Digital Marketing.

Semoga bermanfaat!

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *