Waspada Scam Facebook Ads Berkedok Tawaran Project di LinkedIn!

Scam Facebook Ads merajalela. Facebook Advertiser atau siapapun yang memiliki akses ke Facebook Ads Manager, baca ini sampai habis yaa!

Siapa saja yang menjadi korbannya bisa kehilangan uang sampai milyaran, kehilangan pekerjaan atau bahkan kehilangan keberanian untuk tetap menggeluti Digital Marketing terutama Digital Ads.

Sebelumnya saya pernah menuliskan tentang tantangan Digital Marketer, salah satunya adalah mengenai issue keamanan ex: hacking, scamming, phising, malware dll.

Motif Scammer

Jadi para pelaku (selanjutnya kita sebut scammer) punya motif ‘numpang’ pasang iklan di Facebook Ads Manager kita.

Tujuannya tidak lain adalah agar mereka bisa mengiklankan produk mereka secara gratis.

Yup, tentu saja gratis buat mereka yaa alias orang lain yang nanggung biayanya. Ini jahat sekali.

Praktik seperti ini sepertinya sudah ada sejak lama. Baru-baru ini, terutama sekitar bulan April-Mei 2023 mulai ramai lagi kasus ini dibahas di LinkedIn dan Twitter.

Apa Saja Kerugian yang Bisa Terjadi?

Setelah para scammer berhasil mengakses Ads Manager, mereka akan publish iklan produk mereka.

Seperti yang kita tau biasanya iklan yang baru published tidak akan langsung tayang, melainkan Facebook akan mereviewnya terlebih dahulu.

Di sini ada dua kemungkinan yang bisa terjadi, iklan approved atau tidak approved.

Kerugian Materiil

Jika iklan yang mereka publish berhasil approved, maka tentu saja akan menguras budget kita.

Yang sangat berbahaya adalah jika payment kita menggunakan CC dan limitnya tinggi.

Dalam sehari bisa habis puluhan hingga ratusan juta!

Akun Disabled

Facebook biasanya bisa mendeteksi aktivitas tidak biasa yang terjadi pada akun Ads Manager.

Contohnya jika tiba-tiba ada iklan yang menampilkan produk asing alias berbeda dengan produk yang biasa kita iklankan, Facebook pasti curiga.

Bisa juga ketika tiba-tiba setting budget tinggi atau tiba-tiba invite banyak orang untuk akses Ads Manager, ini Facebook juga pasti curiga.

Nah, langkah Facebook untuk melindungi akun Ads Manager kita adalah dengan membuat akun kita disabled.

Disabled ini ada dua jenis, yakni temporary dan permanent.

Jika temporary disabled, biasanya kita hanya akan diminta konfirmasi identitas saja dan setelah itu akun dapat digunakan kembali.

Jika permanent disabled, kecil kemungkinan akun kita bisa digunakan lagi. Pilihannya adalah membuat akun baru.

Bagaimana Scammer Melakukan Aksi Mereka?

Memberikan Tawaran Pekerjaan yang Menggiurkan

Pertama, mereka akan menghubungi kita via message LinkedIn, menawarkan project untuk mengelola Facebook Ads dengan budget yang sangat tinggi.

Target mereka biasanya adalah orang-orang yang memang biasa handle Facebook Ads.

Orang marketing tulen biasanya akan merasa tertantang dan mengambil chance ini.

Mengirimkan File Berisi Malware

Kemudian mereka akan memberikan file dokumen berisi data untuk dianalisis.

Belum apa-apa sudah kirim data, dari sini sudah mencurigakan.

Dokumen yang mereka kirimkan dalam bentuk Zip, ketika dibuka ada jenis file .exe yang merupakan malware jenis Trojan, jika kita klik maka mereka bisa mendapatkan password dan data sensitif yang ada di PC kita.

Mengakses dan Menguasai Ads Manager

Setelah mereka berhasil membobol PC kita, mereka akan dengan mudah mengakses Ads Manager sekalipun kita sudah pasang 2 factor authentication. Ngeri.

Pertama-tama meraka akan invite akun kita ke Page mereka, lalu dengan menggunakan akun kita mereka akan invite Page mereka ke Ads Manager kita. Lalu mereka akan publish campaign iklan mereka menggunakan Ads Manager kita (tentu saja menggunakan budget kita juga).

Mereka akan coba testing dengan budget kecil terlebih dahulu, setelah berhasil mereka akan menaikkan daily budget sesuka mereka.

Cara mereka juga pintar, campaign iklan yang mereka buat diberi nama mirip seperti campaign iklan yang sedang kita jalankan sehingga membuat kita tidak langsung sadar dengan keberadaan campaign yang mereka buat.

Mereka juga menginvite tim mereka (scammer punya tim), jadi mungkin mereka juga berniat untuk kick akses kita sehingga Ads Manager kita benar-benar bisa dikuasai mereka sepenuhnya.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Kena Scam Facebook Ads?

Pause Campaign Buatan Scammer

Pause campaign yang sedang mereka jalankan tapi jangan hapus campaign itu, tujuannya supaya bisa menjadi bukti ke pihak Facebook ketika kita ajukan refund.

FYI, Facebook sudah cukup aware dengan masalah seperti ini jadi biasanya dana yang terlanjur keluar akibat ulah scammer bisa direfund, bahkan ada yang sampai milyaran juga bisa kembali.

Hapus Akses Akun

Hapus akses akun siapapun dari Ads Manager yang terhubung dengan PC korban. Jika ada akun asing, langsung remove juga.

Blokir CC

Bisa jadi scammer tersebut juga membobol CC #cmiiw, tapi kalaupun tidak langkah ini bisa menjadi opsi jika kita tidak punya akses lagi untuk menghentikan aksi mereka.

Instal Ulang PC

Tidak cukup hanya dengan clear cache atau ganti password, karena ketika kita sudah terlanjur download dan membuka file tersebut maka ketika kita ganti password pun mereka akan tetap bisa akses.

File kita di PC otomatis akan hilang, tapi sayangnya memang tidak ada jalan lain untuk menghilangkan malware ini.

Hubungi Facebook Support

Ceritakan kronologi secara jujur.

Biasanya pihak Facebook akan meminta bukti screenshot.

InshaAllah Facebook akan bantu memberikan solusi. Bahkan uang milyaran pun bisa kembali.

Ikuti saja prosedurnya, jangan lelah untuk follow up progresnya.

Tindakan Preventif

Sebagai digital marketer pasti akan selalu ada resiko-resiko seperti ini.

Tapi bukan berarti kita lantas meninggalkan dunia yang seru ini bukan?

Berikut ini beberapa cara menghindari kerugian-kerugian di atas:

Berhati-hati dengan Link Mencurigakan

Saya berani bilang kalau true digital marketer itu biasanya punya curiosity yang tinggi terhadap sesuatu, termasuk dengan link-link asing.

Mulai sekarang berhati-hatilah ketika mendapati link mencurigakan. Jangan asal klik.

Berhati-hati dengan Tawaran Pekerjaan Menggiurkan

Jangan mudah tergoda dengan tawaran job yang menggiurkan dan jangan mudah merasa tertantang.

Cek profile si pemberi pekerjaan apakah akun fiktif atau real akun, bisa kita lihat dari jumlah followers, background pekerjaan dan pendidikan, dan aktivitasnya di LinkedIn.

Jika mencurigakan, abaikan saja.

Waspada Notifikasi Approval Iklan Baru

Setiap campaign iklan baru approved biasanya notifikasinya akan masuk email.

Jika merasa tidak publish campaign iklan baru, segera cek Ads Manager.

Waspada Invitation untuk Mengelola Page Asing

Seperti yang saya sebutkan di atas, mereka akan invite akun kita ke page mereka kemudian menginvite page tersebut ke Ads Manager kita.

Jadi jika ada invitation mencurigakan kita patut waspada.

Cek Ads Manager Berkala

Cek campaign yang sedang berjalan, cek ads creativenya, cek akun siapa saja yang mengakses Ads Manager.

Consider Pakai Macbook

Bukan maksud untuk promosi, tapi beberapa sumber menyebutkan malware semacam ini tidak bisa dijalankan di iOS.

Penutup

Artikel ini bukan untuk menakut-nakuti, tapi untuk mengingatkan rekan-rekan semua supaya lebih berhati-hati akan bahaya scam Facebook Ads ini.

Pekerjaan apapun pasti ada resikonya, poinnya adalah bagaimana kita meminimalkan terjadinya resiko tersebut.

Tetap semangat, tetap berkarya!

Semoga artikel ini bermanfaat 🙂

 

 

 

 

 

 

26 Comments

  1. Scam ternyata udah masuk ke FB ya, Semakin maju teknologi semakin berkembang juga penipuan modus seperti ini. Btw artikelnya sangat bermanfaat.

  2. wah makin ngeri-ngeri ya sekarang kedok-kedok scam ini merambah ke semua sosmed sepertinya, kalau kita tidak hati-hati pastinya sangat merugikan, bahkan sekarang sudah bernai merambah ke Linkedin padahal di sana para profesional semua

  3. Harus hati-hati kalau ada tawaran tapi orientasinya uang-uang-uang, harus crosscheck lagi profil mereka, karena ini sampai data pribadi bisa bahaya banget.

  4. Ternyata penipuan saat ini semakin meluas ya kak terutama scammer di facebook ads yang tentunya sangat jarang diketahui tapi banyak yang merugikan

  5. Scammer semakin meraja lela. Semakn mencari celah terkecilpun untuk mengeruk dana kita. Harus hati-hati. perusahaan tempat kerja saya, yang multinasional pun sudha seminggu ini terkena scamming. Alhasil server dimatikan dan tdak bisa kerja.

  6. scam-scam kaya gini kok makin merajalela ya? Aku yang gaptek ini paling ngeri kalo salah pencet.Mendingan kuskip aja deh , drpd akunku kenapa2.Semoga ga kena hack.

  7. Ealah. Enggak di dunia nyata enggak di dunia maya, kejahatan selalu ada. Kian kreatif pula caranya. KADANkala saya mikir, sama-sama keluar tenaga, kuota, dan waktu, mengapa orang milih jadi penjahat digital?

  8. Modus sekarang tambah banyak aja ya. Dulu di IG banyak seliweran iklan lowongan kerja, terus ke linkedin, eh sekarang di FB pula. Para pencari kerja perlu lebih waspada kalau seperti ini

  9. Huaaa, serem banget. Scam ini tampa disadari terus berkembang ya, mengikuti perkembangan algoritma dan teknologi, scamming dan motifnya juga ikutan berkembang. Gabisa ambil duit, ambil ability buat ngiklan dengan bebanin biayanya ke orang lain. Waduh, serem. Terima kasih bangak Kak udah sharing dan bikin kita aware tentang ancaman ini. Jadi bisa jaga diri dan lebih hati-hati kedepannya.

  10. Cara kerja scammer ini halus banget ya. Marketer yang udah pro aja terkadang masih terkecoh dengan ulah scammer gini, apalagi yang masih pemula. Hemmmm, jadi tau kenapa harga MacBook itu mahal, selain fiturnya canggih, ternyata jarang sekali terkena Malware kayak gitu. Very nice sharing

  11. Ya ampun serem bgt. Jujur, aku udah gak aktif di Fb jadi gak ngikutin perkembangan fb ads. But thanks, aku jadi lebih paham & bisa lebih aware ke depannya.

  12. Wuah sangat detail dan gablang sekali penjelasan-nya….
    terimakasih mas bos atas share informasinya
    ini sangat penting bagi kawan-kawan yang sudah mulai gerak di dunia IM
    salam kenal dan salam rahayu
    wahono secret

  13. wih, serem banget scammer bekerja ya kak. Bisa melewati berbagai cara dan sangat merugikan. Kalau tak cermat dan teliti didunia digital serta gampang tergiur tawaran, maka habislah kita

  14. wah saya baru tahu ini, terima kasih mba artikelnya rinci dan komplit, bisa jadi pengingat buat pengguna ads manager ataupun bukan untuk selalu waspada.

  15. Fb adalah medsos yang paling rawan mendapat serangan scam dan penipuan dengan berbagai modus. Iklan dan status dari orang yang tidak kiya knal setiap hari muncul. Hati hati saja dalam ber fb.

  16. Aku baru denger ada scam via fb gini. Ada aja ya orang pinter yang manfaatin teknologi untuk kejahatan. Kasian orang2 awam yg gak teredukasi soal ini.. terima kasih kak sudah sharing, bakal jadi lebih aware..

  17. Mba Kristi, artikelnya manfaat banget. Saya baru tahu ada modus operandi seperti ini. Semoga kita semua terhindar dari kejahatan dunia maya maupun dunia nyata ya mba. Terima kasih, sekarang saya jadi tahu scam model ini, lengkap dengan tindakan preventif dan kuratifnya. Mantap mba!

  18. Artikel ini sangat informatif dan penting untuk dibaca oleh semua digital marketer. Scam Facebook Ads memang merupakan ancaman serius yang bisa mengakibatkan kerugian besar. Penjelasan tentang cara-cara pencegahan dan tindakan yang harus diambil jika terkena scam sangat berguna. Terima kasih telah membagikan informasi ini untuk memberikan kesadaran kepada semua orang tentang bahaya yang mungkin dihadapi dalam bisnis online. Semoga artikel ini bisa membantu melindungi lebih banyak orang dari potensi kerugian.

  19. Semakin merambak kemana-mana modus scam seperti ini, dari mulai via chat sampai tawaran pekerjaan seperti diatas. Kita sebagai pengguna internet perlu lebih berhati-hati lagi jangan sampai tergiur dengan berbagai hal di dunia maya sebelum menyeledikinya. Dan perlunya kita yg paham internet mengedukasi lingkungan kita khususnya keluarga.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *