9 Alasan Anda Harus Mempertimbangkan Switch Career

Kapan waktu yang tepat untuk memutuskan switch career? Sebagian orang mungkin akan dibuat bimbang perihal perkara ini, bahkan saya pun harus melakukan SWOT Analysis terlebih dahulu sampai saya bisa memantapkan hati saya untuk pindah haluan karir.

Kesenangan dan Kepuasan Kerja

Pertama-tama yang harus Anda tanyakan pada diri Anda adalah apakah Anda merasa tidak senang dengan pekerjaan Anda saat ini?

Jika Anda merasa tidak senang, tidak nyaman, tidak puas dengan pekerjaan saat ini maka switch career bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa melihatnya dari segi gaji, tanggung jawab dan lingkungan. Apakah Anda sudah cukup puas dengan gaji, apakah sudah cucok dengan tanggung jawabnya, apakah lingkungannya cukup mendukung performa Anda. Coba diresapi karena ini menyangkut kebahagiaan hidup Anda.

Personal Growth

Kedua, apakah Anda merasa tidak memiliki ruang untuk berkembang di pekerjaan Anda saat ini?

Tidak memiliki ruang untuk berkembang di pekerjaan merupakan salah satu masalah yang cukup serius bagi sebagian banyak orang. Hal ini dapat menyebabkan stress, frustasi dan ketidakpuasan dalam bekerja. Coba bicarakan dengan atasan terlebih dahulu, atau bisa juga bicarakan dengan HR. Jika memang sudah ‘mentok’ maka Anda boleh mempertimbangkan untuk switch career, Anda bisa mulai dengan kursus online dan membuat rencana karir selanjutnya.

Peluang di Masa Depan

Ketiga, apakah Anda memiliki kemampuan dan ketrampilan yang relevan dengan peluang di masa depan?

Dunia terus berkembang, kebutuhan skill di dunia kerja pasti juga akan berubah. Pertanyaannya adalah apakah skill yang Anda miliki saat ini akan tetap relevan 5 atau 10 tahun ke depan? atau sebaliknya apakah justru akan bisa tergantikan oleh robot? Jika sekiranya skill yang Anda miliki saat ini beresiko tergantikan oleh robot maka Anda harus bersiap-siap.

Kerja yang Lebih Fleksibel

Ke-empat, apakah Anda merasa tidak memiliki cukup waktu atau kesempatan untuk melakukan hal-hal yang Anda senangi di luar pekerjaan Anda?

Seorang career switcher biasanya mempertimbangkan work life balance dan pekerjaan yang lebih fleksibel. Ini menjadi alasan paling kuat bagi saya ketika saya mempertimbangkan untuk pivot ke Digital Marketing. Menurut saya bekerja di dunia Digital Marketing lebih banyak bermain di konsep dan analisa, selebihnya banyak dibantu dengan otomasi terutama untuk Digital Ads yaa. Selain itu biasanya role Digital Marketing banyak yang memperbolehkan untuk WFA (Work From Anywhere), yang mana itu merupakan impian saya sejak dulu yaitu bekerja dari mana saja dan dekat dengan keluarga.

Perubahan Minat

Kelima, apakah Anda merasa bosan dengan pekerjaan Anda saat ini?

Bosan atau tidak terstimulasi di tempat kerja mungkin bisa menjadi penyebab menurunnya semangat bekerja. Pertanyaannya apakah Anda sudah mencoba berdiskusi dengan atasan perihal yang Anda rasakan? Mungkin Anda bisa meminta proyek atau tugas tambahan yang lebih menantang. Apakah Anda sudah mencoba merubah rutinitas atau melakukan hobi baru? Sudahkah Anda beristirahat cukup atau coba mengambil cuti untuk liburan? Jika itu semua sudah Anda lakukan dan ternyata tidak memberikan perubahan berarti, mungkin switch career bisa menjadi solusi.

Passion

Ke-enam, apakah Anda merasa tidak cocok dengan industri tempat Anda bekerja?

Jika Anda merasa tidak cocok dengan industri tempat Anda bekerja, cobalah untuk merenungkan apakah bidang tersebut memang tidak sesuai dengan minat dan kemampuan Anda? Ataukah karena ada sesuatu yang tidak sesuai dengan kepribadian, kepercayaan dan gaya hidup Anda? Siapa tau masih ada yang bisa dibenahi, namun jika memang dirasa sudah tidak bisa diperbaiki lagi maka coba mulai mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat Anda.

Bekerja sesuai Passion

Ketujuh, apakah Anda memiliki minat dan passion di bidang lain?

Sangat menyenangkan ketika kita memiliki minat dan passion di bidang lain. Memiliki beragam minat dapat membantu kita menemukan peluang-peluang baru di masa depan. Penting untuk menemukan keseimbangan antara pekerjaan dan passion. Jika Anda memiliki minat dan passion yang besar di bidang lain tidak ada salahnya untuk mencoba menggapainya.

Prospek yang Lebih Baik

Kedelapan, apakah bidang yang ingin Anda geluti memiliki peluang pekerjaan yang lebih baik?

Setiap bidang memiliki potensi peluang pekerjaan yang berbeda-beda. Untuk mempertimbangkan pertanyaan ini Anda  harus memperhatikan kebutuhan pasar, persaingan, ketrampilan yang dibutuhkan dan tren industri. Jika bidang yang ingin Anda geluti mempunyai prospek yang menjanjikan, hajar saja!

Siap dengan Konsekuensi Penurunan Pendapatan

Kesembilan, apakah Anda siap dengan konsekuensi penurunan pendapatan sementara Anda belajar dan mengembangkan ketrampilan baru untuk switch career?

Tentu saja saat kita memulai karir dari 0 maka pendapatan kita juga akan mulai dari 0 lagi. Bahkan saya sempat 2 bulan tanpa penghasilan sama sekali, saya beberapa kali menerima unpaid job demi bisa membangun portfolio saya. Sebelum saya memutuskan resign dan pivot career saya sudah persiapkan dana untuk biaya kursus dan bertahan hidup setidaknya selama satu tahun ke depan, tapi alhamdulillah hanya 2 bulan saja saya tanpa penghasilan sama sekali.

Jika Anda berminat untuk switch career, ingin menambah skill dan memiliki keterbatasan dana Anda bisa mempertimbangkan RevoU. Anda tidak perlu khawatir karena RevoU menyediakan beberapa pilihan opsi pembayaran seperti cicilan dan SNPL (Study Now Pay Later). Pilihan course juga beragam dan menjanjikan, kabar baiknya saya punya link referral sehingga Anda berkesempatan untuk mendapatkan cashback sebesar 500rb, berikut ini saya lampirkan link pilihannya:
1. Cashback Full Program Digital Marketing
2. Cashback Full Program Data Analytics
3. Cashback Full Program Product Management
4. Cashback Full Program Software Engineering

Kalau Anda mau coba mini coursenya dulu juga bisa, GRATIS!!!
1. Mini Course Digital Marketing
2. Mini Course Data Analytics
3. Mini Course Product Management
4. Mini Course Software Engineering

Sebelumnya saya pernah menuliskan pengalaman saya ketika switch career dan berhasil mendapatkan panggilan kerja pertama saya di sini. Semoga Anda yang masih bimbang bisa segera diteguhkan hatinya dan diberikan jalan yang mudah untuk menggapai impian Anda. Good luck!

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *