7 Tips Menjadi Best Student RevoU

Dari judulnya iyuhh apa banget sih narsis amat saya hahaha. Tapi sungguh waktu saya masih jadi student di RevoU saya pernah cari info tentang ini. Sayangnya saya gak nemu dan mau tanya TL juga malu hahahaha. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para sobat ambis RevoU yahh!

About Best Student RevoU

Best Student adalah predikat yang diberikan untuk student terbaik di dalam 1 section a.k.a class. FYI, untuk FSDM RevoU (dan program full stack lainnya) terdiri dari banyak section yang masing-masing sectionnya terdiri dari sekitar 60 students. Jadi untuk bisa jadi Best Student RevoU kita cuma perlu menjadi paling unggul di antara 60 student lain ajah.

Keuntungan Jadi Best Student RevoU

Dapet Sertifikat Best Student RevoU

Sertifikat Best Student Kristi Kartika
Sertifikat Best Student RevoU

Untuk Best Student RevoU nantinya akan dapat sertifikat penghargaan seperti gambar di atas. Awalnya saya kira sertifikatnya sama saja dengan sertifikat completion, ternyata dibedakan. Jadi untuk Best Student RevoU akan dapat 2 sertifikat yahh. Sertifikat ini bisa banget dilampirkan di LinkedIn atau di portfolio.

Dilirik HR dan User Perusahaan

Sebelumnya saya pernah cerita pengalaman saya diterima kerja sebelum lulus RevoU. Usut punya usut ternyata user saya memutuskan untuk menghire saya salah satunya karena saya jebolan RevoU, selain RevoU beliau gamau katanya. Cusss yang belum bisa daftar RevoU di link ini sekarang!

Logikanya cuma modal lulusan RevoU saja sudah dilirik, apalagi kalau jadi best studentnya. Ya ga sih?

Oiya saya juga sempat beberapa kali diapproach perusahaan yang salah satunya adalah agency besar, bukan saya yang melamar tapi saya dilamar (hasek). See, keren kan?

Membentuk Servo Menang

Teman-teman sadar atau tidak bahwa apa yang kita peroleh saat ini jika kita tarik ke masa lalu selalu membentuk pola yang sama.

Jika kita sering dibully maka bisa dipastikan memang dari kecil suka dibully. Jika kita dominan maka dari kecil kita pasti dominan.

Atau teman-teman bisa perhatikan kok ada orang yang beruntung terus, setiap ada undian dia pasti menang, setiap ada acara dia pasti kebagian doorprizenya. Itu servo!

Servo adalah kebiasaan yang terbentuk sampai tertanam di pikiran bawah sadar. Ada orang yang servonya hoki terus, ada yang servonya sial terus, ada juga servo kalah, servo menang dll.

Uniknya servo bisa dibentuk dengan memperbaiki pola. Pola baik bisa dibentuk, demikian juga dengan pola jelek.

Jika terlanjur punya servo jelek bagaimana? Rusak pola. Break the habbit. Nah menjadi Best Student RevoU adalah salah satu cara untuk membangun servo baik. Caranya bagaimana? Sabar, setelah ini akan dijelaskan hehehe

Tips Menjadi Best Student RevoU

Bangun Motivasi

Ini memang sangat basic dan terdengar klise, tapi motivasi ini yang akan menjaga semangat kita sampai akhir program. Percayalah RevoU itu berat, kalau gak semangat gak akan kuat hehe.

Tips: Ingat selalu biaya yang kita keluarkan untuk RevoU

Bagi saya investasi saya untuk RevoU tidak sedikit jadi saya ingin dapat banyak, ya dapat ilmunya ya pengalamannya ya semuanya. Ibarat jalanin iklan ROAS-nya kalau bisa 1000x *wow.

Visualisasikan

Libatkan pikiran untuk kita meraih apa yang kita inginkan, manfaatkan kemampuan berimajinasi kita. Percayalah, terkadang yang membatasi diri kita adalah pikiran kita sendiri. Jadi mari berpikir yang hebat!

Saya selalu membayangkan ketika graduation tiba saya dipanggil sebagai Best Student lalu saya memberikan semacam speech, lalu saya bercerita tentang perjalanan saya sampai akhirnya memutuskan untuk taking course di RevoU.

Beberapa kali saya membayangkan sampai saya berkaca-kaca, sampai saya merasa bahwa ini real. Akhirnya kesampaian juga jadi Best Student RevoU, walaupun akhirnya tidak jadi pidato karena pas graduation saya lagi di atas motor :’)

Oiya cara ini bisa teman-teman terapkan untuk goals lain juga ya!

Tips: Coba tuliskan di kertas dan pasang di tempat yang sering teman-teman lihat

Be Active and Proactive

Step pertama untuk bisa menjadi best student adalah aktif dan proaktif. Hal yang wajib selama kelas berlangsung jika teman-teman mau jadi Best Student adalah on cam dan wajib banget raise hand ketika diskusi berlangsung atau ketika instructor melempar pertanyaan.

Jujur awalnya tidak biasa tapi karena saya juga tidak mau melewatkan setiap materi jadi ya akhirnya terbiasa bertanya dan aktif di kelas.

Oiya selain aktif di kelas teman-teman juga harus aktif memberikan feedback ke RevoU. Dan pastikan memberikan  feedback yang membangun.

Percayalah RevoU sangat sensitif terhadap feedback, pasti akan ditampung karena setiap masukan akan sangat berarti. Tujuan memberi feedback agar RevoU bisa berbenah, dan tentu saja agar kita terlihat aktif hahaha semoga SMTL saya tidak baca.

Tips: Siapkan pertanyaan sebelum kelas, open cam, raise hand

Menang Menti

Sebelum kelas dimulai biasanya akan ada kuis yang dibungkus dalam games berupa menti. Untuk soalnya seputar materi yang akan dibahas pada hari itu. Pemenang menti adalah yang mendapatkan skor paling tinggi.

Usahakan bisa menang terus. Sebetulnya saya kurang yakin apakah dengan sering menang menti ini menjadi salah satu faktor sehingga saya dipilih sebagai Best Student, tapi kan gimana caranya biar jadi unggul ya kan?

Saya hampir setiap minggu menang menti minimal 1 kali. Secara keseluruhan tidak sampai 13 kali tapi saya dapat nominasi Queen Menti di akhir program (asek). Artinya minimal 1 minggu 1 kali aja deh menang menti!

Tips: Baca pre lecture sebelum kelas, koneksi harus kenceng

Menang Group Project

Jujur kalau untuk part ini saya tidak bisa share banyak, saat itu group saya peringkat 2 terakhir. Tapi kalau saya perhatikan Best Student RevoU di section lain (dan batch lain) rata-rata mereka (groupnya) menang group project.

Jadi tidak perlu berkecil hati kalau nanti belum menang di group project. Tapi coba usahakan dulu deh biar menang. Ingat pokoknya harus unggul dalam segala hal, kan juga lumayan tuh hadiahnya. Semangat!

Tips: Jaga kekompakkan, semangat, sabar, minum vitamin

Kerjakan Advanced Assignment

Kalau ini tips dari TL saya dulu. Jadi student RevoU setiap minggunya di individual week akan mendapat 3 jenis tugas: Foundation, Intermediate dan Advanced. 

Untuk bisa lulus program di RevoU cukup dengan kehadiran minimal 80% dan melengkapi tugas (dan lulus) tugas foundation dan intermediate, jangan sampai remidi. Tapi itu kan standar yah, kalau mau unggul berarti ya harus doing extra miles dong, harus lengkap semua sampai Advanced Assignment juga.

Tips: Kerjakan dari advanced atau intermediate assignment dulu karena 2 tugas ini cukup memakan waktu

Present Advanced Assignment

Student RevoU Terpilih Present Advanced Assignment
Terpilih Present Advanced Assignment

Setiap hari Sabtu di individual week biasanya akan ada pembahasan tentang assignment dan ada sesi presentasi advanced assignment dari 3 student terpilih. Student terpilih ini berdasarkan yang mengumpulkan tercepat dan deliverablesnya sesuai.

Meskipun deadline tugas ada di hari Jumat 23.59 tapi biasanya saya selalu mengumpulkan di hari Kamis, pernah sekali bisa mengumpulkan semua di hari Rabu saat week SMO, pernah sekali juga submit tugas di Jumat pagi saat week SEM. Yang pasti tidak pernah mepet deadline.

Terhitung saya hanya 2 kali tidak terpilih present.

Tips: Kerjakan assignment sesuai deliverables 

Penutup

Mengutip quote dari buku sidu “Where there is a will there is a way”.
Semangat. Good luck!

Kalau ada yang mau bertanya boleh banget drop di kolom komentar. Semoga bermanfaat 😊

3 Comments

  1. #onestepclosertoAlumniRevou
    Wah… MashaaAllah menarik sekali kak.
    Kak saya telah mengirimkan request untuk berkoneksi dengan kakak melalui Linkedin. Besar harapan saya kakak menerimanya sehingga saya dapat belajar lebih banyak dari kakak. Hal tersebut dikarenakan, in shaa Allah saya akan menjadi student di RevoU Next di bulan Januari 2024 depan. Salam kenal dan salam hangat dari saya yaa kak.

    Salam hormat,
    Rhobithotus Mufidah (Tutus)
    IG: @rhomufi.ab
    Linkedin: https://www.linkedin.com/in/rhomufi/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *